Connect with us

Berita

Tingkatkan Dunia Pendidikan, Bupati Askolani Resmikan Gedung SMP N 1 Banyuasin III Serta Penyerahan Buku Tulis Siswa

Published

on

Banyuasin – Bupati Banyuasin H. Askolani menghadiri peresmian gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Banyuasin III dan Penyerahan Buku Tulis Siswa, Selasa (24/01/2023).

Peresmian gedung ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Banyuasin Askolani didampingi dengan Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, Kejari Banyuasin Agus Widodo, PJ Sekda Banyuasin Hasmi, Anggota DPRD Nopri, Para Kepala OPD dan tamu undangan lainya.

Bupati Banyuasin H. Askolani menyambut baik berdirinya gedung dua lantai yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dikelola oleh Program Kelompok Masyarakat (POKMAS), dimana POKMAS sangat berperan dalam mengakomodir dan memberdayakan masyarakat dalam membuat program-program kerja secara swadaya dan gotong royong untuk kepentingan bersama.

“Sebagai wadah para generasi penerus yang akan mengantarkan kabupaten Banyuasin menjadi lebih baik dan dapat menghasilkan anak-anak dengan kualitas karakter yang baik. Kami juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran SMP Negeri 1 Banyuasin III, yang secara bersama meningkatkan dunia pendidikan di negeri ini khususnya di kecamatan Banyuasin III sebagai salah satu Sekolah Negeri yang telah lama berdiri dan mencetak Generasi-generasi yang sangat membanggakan di Kabupaten Banyuasin”, ungkapnya.

Askolani berharap semoga bangunan gedung ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendidik dan memberikan nilai-nilai luhur, budi pekerti yang baik sehingga anak-anak dapat tumbuh berkembang menjadi anak yang soleh dan soleha serta taat kepada guru dan menaruh hormat kepada orang tua.

“Kami yakin dari SMP Negeri 1 Banyuasin III ini akan lahir generasi yang mampumembawa kemajuan dan Kesejahteraan bagi masyarakat kabupaten Banyuasin yang sama-sama kita cintai ini”, tegasnya.

Senada dengan Bupati Banyuasin, Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan juga berpesan Kepada kepala sekolah dan guru, ia meminta untuk membekali ilmu dan kecerdasan disertai dengan penanaman karakter pada diri anak. Karena kesuksesan anak tidak hanya ditentukan oleh nilai akademik saja, tetapi juga penanaman karakter dengan kejujuran, kepercayaan diri dan kemampuan berinteraksi.

”Kami dari DPRD Banyuasin akan mensupport apa yang dilakukan Pemkab Banyuasin dalam menghantarkan pendidikan di Bumi Sedulang Setudung ini menjadi semakin terarah dan fokus pada pembangunan generasi yang cerdas yang selaras dengan Visi dan Misi Kabupaten Banyuasin yaitu Banyuasin Cerdas. kami akan terus berkomitmen menyelenggarakan pendidikan yang merata, demokratis dan berkeadilan, menuju Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera”, harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin Aminuddin dalam Laporannya mengatakan Dana DAK SMP Tahun 2022 ditujukan untuk :

  1. Rehabilitasi ruang kelas : 24 ruang
  2. Rehabilitasi ruang perpustakaan : 4 ruang
  3. Rehabilitasi Lab. IPA : 3 ruang
  4. Rehabilitasi ruang guru
  5. Rehabilitasi ruang Tata Usaha : 5 ruang
  6. Rehabilitasi toilet : 9 unit
  7. Pembangunan ruang kelas baru (RKB) : 18 ruang
  8. Pembangunan ruang perpustakaan : 1 ruang
  9. Pembangunan ruang Lab. IPA : 1 ruang
  10. Pembangunan toilet (jamban) : 9 unit
  11. Pembangunan ruang Lab. Komputer : 10 ruang
  12. Pembangunan ruang tata usaha : 1 ruang
  13. Pembangunan rumah dinas guru (RDG) : 3 unit
  14. Pengadaan peralatan Lab. IPA biologi : 21 paket
  15. Pengadaan peralatan Lab. IPA Fisika : 21 paket
  16. Pengadaan peralatan TIK : 2 paket

“Pada tahun anggaran 2022 dianggarkan buku tulis untuk siswa SMP sebanyak 8322 siswa, dan ada 6 eksemplar untuk siswa kelas 7 namun untuk kelas 8 dan 9 belum mendapatkan bantuan. Pada tahun 2023 ini semuan siswa akan mendapatkan semua bantuan”, tutupnya. (SMSI Banyuasin)

Trending