Polres OKUT Gelar Coaching Clinic, Dalam Rangka Penegakan Hukum Pilkades Serentak

  • Whatsapp

Radian News.Com , Martapura -Sat-Reskrim Polres OKU Timur melaksanakan kegiatan Coaching Clinic dalam rangka penegakan hukum pada Pilkades serentak yang akan di gelar di Kabupaten OKUT pada april 2021 mendatang.

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Kapolres OKUT AKBP.Dalizon.S.I.K.MH di wakili langsung Kasat Reskrim AKP.I.Putu Suryawan.S.I.K.SH kegiatan tersebut berlangsung di aula Mapolres OKU Timur , Senin (08/02/2021).

Bacaan Lainnya

Giat Choching Clinic turut di hadiri sejumlah jajaran Kepolisian Resort OKUT dan Dinas PMD serta di hadiri pula KBO Sat-Reskrim, Kanit dan Kaur Mintu Sat-Reskrim,Kanit Reskrim jajaran Polres,Personil Sat-Reskrim,Perwakilan Dinas PMD OKU Timur dan sejumlah perwakilan dari Kecamatan se Kabupaten OKUT.

Kasat Reskrim Polres OKU Timur AKP.I.Putu Suryawan.S.I.K.SH mewakili Kapolres OKU Timur AKBP.Dalizon.S.I.K.MH dalam arahan nya Menyampaikan.

‚ÄĚDalam Pilkades serentak pada bulan april 2021 Mendatang akan di ikuti sebanyak 223 Desa”, Jelas Kasat Reskrim.

Untuk itu pada penyelesaian perselisihan dalam pilkades 2021 tertera dalam Perbub OKUT Nomor 45 tahun 2020 perubahan atas perbub Nomor 8 tahun 2017 pasal 70 yang isi nya sebagai berikut,lanjut kasat.

Panitia pemilihan tingkat kabupaten menyelesaikan perselisihan hasil pilkades apabila nanti tidak dapat terselesaikan oleh tim pembina,penyelesaian sebagaimana di maksud pada ayat 1 tentang penyelesaian di selesaikab dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud pasal 69 ayat (3) berbunyi Bupati menetapkan pengesahan serta pengangkatan kades dengan keputusan bupati atas dasar laporan dari BPD serta hasil penyelesaian perselisihab paling lama 30 hari terhitung sejak pelaporan dari BPD,papar kasat.

Lanjut kasat Reskrim,pelanggaran Pidana di selesaikan secara Hukum sesuai peraturab perundang-undangan yang ada pada Pasal 71,pasal 148 KUHP,pasal 149 KUHP,pasal 150 KUHP,pasal 151 KUHP dalam pasal 151 KUHP tentang Barang siapa dengan sengaja memakai Nama Orang lain untuk ikut dalam pemilihan berdasarkan aturab Umum dapat di kenakan sanksi Pidana paling lama 1 tahun 4 bulan kurungan.

Dalam hal ini untuk itu,lanjut kasat tugas Mendataka Calon kepala desa di wilayah masing-masing,Menguasai biodata masing-masing calon kades,Melakukan pendekatan kepada calon untuk pengalangan serta melaksanakan patroli terhadap calon dan timses,meningkatkan sinergitas terhadap TNI,petugas kecamatan ,perangkat desa serta Tomas, antisipasi adanya surat kaleng yang marak terjadi dan Mengantisipasi pemelihan menggunakan pemelihan digital,Pungkas Kasat.(Rilis)

Pos terkait