Connect with us

Berita

Disperindag Gelar Sosialisasi Aplikasi SIINAS

Published

on

Radian News Com , Martapura – Disperindag Gelar Sosialisasi Aplikasi SIINas
Dinas Perindustrian dan Perdangan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Industri Nasional atau SIINas yang bertujuan untuk menyadikan data perindustrian yang cepat serta data yang disajikan up date.

Sosialisasi di lakukan pada tanggal 6 Agustus 2022 di aula disperindag OKU Timur yang di ikuti oleh para pelaku industri dan di lanjutkan dengan bimbingan teknis pada tanggal 16 Agustus 2022.

Ketua Pelaksana Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Indra Kusuma ST., MM yang juga selaku Kepala Bidang Industri Logam Perekayasa Mesin Jasa dan Aneka Disperindag OKU Timur mengatakan sosialisasi aplikasi SIINas diselenggarakan karena amanat Undang Undang Nomor 3 tahun 2014 serta peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2017.

Selain itu, Indra mengatakan SIINas juga diatur dalam Permenperin Nomor 38 dan Nomor 2 tentang SIINas.

“SIINas merupakan aplikasi dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, sistem ini menjadikan informasi terintegrasi yang berisi data dan informasi industri secara nasional, Yaitu 1 (satu) data industri Indonesia,” ungkapnya.

Indra Melanjutkan, aplikasi SIINas ini berfungsi bagi pemerintah, steak holder dan pelaku industri, ini terkait bagaimana cara penyampaian data, pengelolaan data, penyajian data, pelayanan serta penyebarluasan data, bagaimana cara penggunaannya.

“Peran Dinas Perdagangan dan perindustrian dalam penyelenggaraan sinas adalah mendorong perusahaan industri dan kawasan industri untuk menyampaikan melalui siinas, Kemudian menyelenggarakan sosialisasi tentang siinas,” Katanya.

Dilanjutkannya, Disperindag juga punya peran untuk memberi assistensi kepada perusahaan industri yang mengalami kesulitan saat menyampaikan laporan siinas serta menyampaikan laporan informasi industri dan informasi lain melalui SIINas.

Indra Berharap teman- teman perusahaan yang bergerak bidang industri baik industri besar atau Industri Kecil Menangah, marilah kita manfaatkan penggunaan aplikasi siinas ini, karena nanti banyak yang didapat disana.

Sementara itu Kepala Dinas Disperindag OKU Timur Amin Zen, SKM., MM mengatakan sangat meng-apresiasi dengan diadakan sosialisasi aplikasi SIINas (Sistem Informasi Industri Nasional) kepada pelaku usaha industri di kabupaten OKU Timur tahun 2022.

“Di Era teknologi dan digitalisasi saat ini penyampaian data, pengelolaan data, penyajian data, pelayanan serta penyebarluasan data, merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan, maka kegiatan sosialisasi hari ini sangatlah penting untuk kita ikuti agar dapat mengerti apa itu aplikasi SIINas (Sistem Informasi Industri Nasional), bagaimana cara penggunaannya, dan goalnya nanti penyajian data lebih cepat serta data yang disajikan up to date, hingga visi pemerintah kabupaten oku timur Maju Lebih Mulia dapat tercapai,” Kata Amin Zen

Amin Zen Melanjutkan sosialisasi yang dilaksanakan walaupun sangat singkat diharapkan para peserta dapat sungguh-sungguh mengikutinya, hingga apa yang menjadi target yang diberikan dapat tercapai.(SMS/MAM).

Continue Reading
Advertisement

Trending