Dinkes Ingatkan Setiap Puskesmas Siapkan Sarana Prasarana guna Penyimpanan Vaksin

  • Whatsapp

OKU Timur, Radiannews.com | Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Timur menggelar rapat persiapan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19, tahap Pertama kedua. Dinkes ingatkan setiap Puskesmas harus siap sarana prasarana guna penyimpanan vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zainal Abidin melalui Kabid P2P Umaidah Kosmetik S, SSi APT menuturkan, pihaknya tengah melatih dan mempersiapkan tenaga SDM untuk melakukan vaksinasi.

“Penetapan pemberian vaksin akan ditetapkan di 22 Puskesmas dan 4 Rumah Sakit Pemerintah dan 2 RS swasta dengan total tenaga nakes (Nakes) akan di vaksin sebanyak 4.320 jiwa, ditambah 10 orang pejabat diantaranya forkomfida serta tokoh agama untuk loncing yang akan di vaksinasi sinovac, sehingga total vaksinasi mencapai 8.640 dosis Vaksin, “tegasnya, Kamis (28/1/2020).

Selanjutnya, tahap kedua pelayan publikk TNI Polri kemudian, tahap 3 dan 4 untuk masyarakat maupun pengurus RT/ RW, tokoh masyarakat, tokoh agama. Untuk pendataan warga masyarakat belum dilakukan oleh Dinkes melainkan pendataan melalui top up.

“Persiapan sarana dan prasarana vaksin refrigator, penyimpanan vaksin menjadi hal yang sangat penting dimana vaksin harus dalam suhu 2 sampai 8°c, “pungkasnya. (sus)

Pos terkait