Bupati OKUT Sampaikan LKPJ TA 2020 Di Gedung DPRD OKUT

  • Whatsapp

Radian News.com Martapura – News.BupatiH Lanosin ST didampingi Wakil Bupati OKUT HM Adi Nugraha Purna Yudha, SH menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati OKUT Tahun Anggaran (TA) 2020 pada Rapat paripurna DPRD OKU Timur ke XIX masa sidang II tahun 2021. Senin (19/04/2021) di Gedung Paripurna DPRD OKUT.

Sidang paripurna penyampaian LKPJ tersebut dihadiri oleh 27 orang dari 45 anggota DPRD Kabupaten OKUT.

Dalam LKPJ Tahun Anggaran 2020 itu, Bupati OKUT H Lanosin ST menyampaikan capaian pembangunan Pemerintah Kabupaten OKUT pada tahun lalu, ialah diarahkan pada peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan, dan penanggulangan kemiskinan dan program kegiatan lainnya.

Dalam paparan LKPJ ini adapun poin-poin yang mengalami peningkatan diantaranya peningkatan pada PDRB sebesar 0,41 persen dari tahun 2019. pada Pendidikan ada peningkatan pada angka partisipasi kasar tingkat SD/MI dan angka partisipasi murni pada tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Dibidang kesehatan ada penurunan pada angka kematian bayi dari tahun 2019 ke 2020.

“Sedangkan pada pekerjaan umum, kondisi ruas jalan kabupaten OKUT dalam kondisi mantap mencapai 73 persen dari total 933 km panjang ruas jalan. Persentase irigasi dalam kondisi baik sebesar 0,94 persen,” ujarnya.

Sedangkan di bidang perumahan rakyat lanjut Bupati, mengalami peningkatan pada pembangunan rumah tinggal bersanitasi sebesar 0,7 persen. Ketersediaan rumah layak huni mengalami peningkatan 0,18 persen. Pada bidang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat ada peningkatan pada pelayanan bencana kebakaran 10,11 persen. Penegakan Perda meningkat 5 persen.

Pada urusan sosial ada peningkatan pada bantuan sosial kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) sebesar 15 persen. Pada urusan ketanagakerjaan angka partisipasi angkatan kerja mencapai 71,70 persen. Ketersediaan pangan utama mengalami peningkatan sebesar 11,7 persen. Pada Pertanahan tingginya persentase lahan bersertifikat mencapai 73,01 persen. Pada urusan penanaman modal ada capaian pada 12 investor skala nasional yang bernilai 4,4 triliun. Jumlah kunjungan wisatawan meningkat sebanyak 16,857 wisatawan.

“Sedangkan Pada pertanian produksi sektor pertanian sebesar 1,38 juta ton gabah kering panen. Pada cakupan perdagangan adanya pembinaan pada 1,750 unit pembinaan kelompok pedagang atau usaha informal. Kontribusi sektor industri terhadap PDRB sebesar 9,75 persen. Tercapainya target penyuluhan transmigrasi lokal pada 110 kepala keluarga,” papar Bupati.

“Mohon kiranya DPRD Kabupaten OKUT dapat memberikan rekomendasi terhadap capaian kinerja pembangunan tahun 2020 tersebut,” Harapnya.

Sementara itu Ketua DPRD OKUT Beni Defitson menyampaikan dalam Paripurna tersebut, LKPJ diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, bahwa kepala daerah menyampaikan LKPJ pada DPRD dilakukan satu kali dalam satu tahun. Dan paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Sesuai keputusan Pimpinan DPRD Kabupaten OKUT maka pembahasan selanjutnya dilaksanakan pada tingkat fraksi-fraksi. Untuk memberikan kesempatan pada fraksi-fraksi dalam menyusun pemandangan rapat umum fraksi, maka rapat ini saya skors dan insya allah kita lanjutkan pada Selasa 20 April dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD OKUT,” Tutupnya.(SMS).

Pos terkait